Minggu, 03 Desember 2017

Dome of the Rock Palestina, Masjid Berkubah Pertama di Dunia

Dome Of The Rock / Kubah Batu / kubah emas. adalah salah satu masjid di dalam komplek Masjidil Aqso di Jerusalem Timur, Palestina. Masjid yang sering disalah arti sebagai Masjidil Aqso ini merupakan Masjid berkubah pertama di dunia sekaligus sebagai Masjid Berkubah emas pertama.

Kubah Batu atau Dome of The Rock adalah salah satu bangunan suci umat Islam. Masjid berkubah pertama itu berada di tengah kompleks Al-Haram asy-Syarif yang terletak di sebelah timur di dalam Kota Lama Yerusalem (Baitul Maqdis).

Masjid itu berkubah keemasan. Sedangkan Masjid Al-Aqsa yang berkubah biru berada pada sisi tenggara Al-Haram asy-Syarif menghadap arah kiblat (kota Mekkah). Pembangunan masjid itu dimulai ketika Yerusalem jatuh ke dalam kekuasaan Islam pada era Khalifah Umar bin Khattab. Tak heran, jika masjid itu disebut Masjid Umar.

Adalah Khalifah Abdul Malik bin Marwan yang memprakarsai pembangunan Kubah Batu pada tahun 66 H/685 M dan selesai tahun 72 H/691 M. Pembangunan masjid itu sepenuhnya dikerjakan dua orang arsitek Muslim yakni Raja' bin Hayat dari Bitsan dan Yazid bin Salam dari Yerusalem. Keduanya dari Palestina.

Di foto di atas terlihat dengan jelas, bangunan dengan kubah warna emas ditengah komplek tersebut adalah Dome Of The Rock atau Masjid Kubah Batu sedangkan Masjid Al-Aqso adalah Masjid dengan kubah bewarna Abu Abu pada bagian selatan komplek tersebut.

Bangunan Kubah Batu terdiri dari tiga tingkatan. Tingkatan pertama dan kedua tingginya mencapai 35,3 meter. Secara keseluruhan, tinggi masjid itu mencapai 39,3 meter. Keadaan ruang di dalamnya terdiri tiga koridor yang sejajar melingkari batu (sakhrah). Koridor bagian dalam merupakan lantai thawaf yang langsung mengelilingi batu seperti tempat thawaf di Masjidil Haram.

Di dalamnya dipenuhi ukiran-ukiran model Bizantium. Di dalamnya terdapat mihrab-mihrab besar jumlahnya 13 buah dan masing-masing mihrab terdiri dari 104 mihrab kecil. Untuk memasukinya ada empat pintu gerbang besar yang masing-masing dilengkapi atap. Bentuk kubahnya banyak dipengaruhi arsitektur Bizantium. 

Sejarawan Al-Maqdisi menuturkan bahwa biaya pembangunan masjid itu mencapai 100 ribu koin emas dinar. Di dalam masjid itu terdapat batu atau sakhrah berukuran 56 x 42 kaki. Di bawah sakhrah terdapat gua segi empat yang luasnya 4,5 meter x 4,5 meter dan tingginya 1,5 meter.

Pada atap gua terdapat lubang seluas satu meter. Batu tersebut disebut sakhrah mukadassah (batu suci). Di batu tersebut Nabi Muhammad melakukan mi'raj dan sebagai saksi peristiwa tersebut maka dibangunlah Kubah Sakhrah di atasnya. Menurut literatur Islam, nilai kesucian sakhrah sama dengan Hajar Aswad (batu hitam).*** (Dari berbagai sumber).

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
🌎 informasi dunia Islam.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga


2 komentar:

  1. Wahai Batu Putih/Batu Sakrah/Batu Sara di dalam bangunan Kubah Emas Dome of The Rock di puncak Gunung Kudus Yerusalem sebagai batu suci yg turun dari Sorga ...... Bukankah dikau bagaikan batu suci yg turun dari Sorga Batu Hitam/Hajar Aswad/Batu Hajar yg menempel di dinding Ka'bah Mekah di dekat Gunung Suci Jabal Rahmah ...... Alangkah suci dan mulianya kedua batu permata berwarna hitam dan putih ini, sebagai simbol dari kedua isteri Bapa Abraham/Nabi Ibrahim yakni Ibu Sara yg melahirkan Ishak dan Ibu Hajar yg melahirkan Ismael ....... Keduanya menjadi keluarga yg suci dan mulia sebagai Ahlul Bait Suci Allah Masjidil Haram di Mekah dan Masjidil Aqsa di Yerusalem ...... Maka diabadikan di dalam Kitab Suci Alqur'an bahwa kedua tempat suci ini menjadi syi'ar-syi'ar Allah dan tempat-tempat yg diberkati Allah ....... Amin - Puji Allah - Allah Maha Besar

    BalasHapus
  2. Bukankah keluarga suci ini dimakamkan di Hebron ...... Ibu Sara dan Nabi Ibrahim, dan puteranya Nabi Ishak dan isterinya Ibu Ribkah, serta cucunya Nabi Yakub/Israel dan isterinya Ibu Lea ...... Kesemuanya dikuburkan di Masjid Ibrahimi di Hebron Palestina ....... Subhanallah

    BalasHapus

Dilarang berkomentar berbau SARA